Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Gurih Dan Lezat

Bubur sumsum merupakan salah satu jenis dari bubur pada umumnya, baik dari metode maupun bahan yang digunakan. Diberi nama sumsum karena warnanya putih seperti sumsum tulang, seperti yang telah disebutkan tadi bubur sumsum juga memiliki bahan dasar yang sama seperti bubur lainnya yaitu beras, akan tetapi pada pembuatan bubur sumsum ini beras yang akan digunakan sudah terlebih dahulu dihaluskan dan dijadikan tepung. Bubur sumsum sangat lezat ketika dimakan panas-panas terutama jika dicampur dengan saus yang terbuat dari gula merah dan juga saus santan. Meski satu porsi mangkuk bubur sumsum terasa kurang cukup, tetapi tidak ada salahnya hanya untuk sekedar mengisi perut di pagi hari karena bubur sumsum dijadikan makanan favorit masyarakat Indonesia untuk sarapan. Apalagi jika cuaca dingin, bubur sumsum akan sangat cocok untuk menghangatkan perut dan tubuh. Aroma pandan yang wangi serta manisnya gula merah menjadi perpaduan yang sempurna pada bubur sumsum.
 

Proses pembuatan bubur sumsum ini terbilang cukup sederhana dan bisa dilakukan dirumah jika anda ingin mencoba nya, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bubur sumsum tersebut memiliki tekstur yang lembut dan merata. Ada baiknya untuk mencampur terlebih dahulu tepung beras dengan sebagian santan kemudian baru lah dicampur dengan santain lainnya yang telah direbus agar hasilnya sempurna.
Kini inovasi dalam dunia kuliner telah berkembang dengan pesat berkat kemajuan teknologi yang membantu dalam mencari informasi tentang resep makanan, begitu juga dengan resep bubur sumsum ini, jika biasanya bubur sumsum dinikmati selagi panas, kini ada inovasi Es Bubur Sumsum dimana bubur sumsum yang biasa kita jumpai disajikan dengan keadaan dingin, soal rasa jangan diragukan, karena pada dasarnya bubur sumsum ini memang lezat baik hangat atau dingin pun tidak menjadi masalah, pasti tetap enak, bagi anda yang ingin mencoba membuat bubur sumsum dirumah kami telah menyiapkan resep bubur sumsum dibawah ini:
Bahan Bubur:
- 1500 ml santan dan 1 ½ kelapa
- 100 ml campuran air daun suji dan daun pandan (25 daun suji dan 5 lembar daun pandan)
- 150 gram tepung beras
- ½ sdt garam
- 50 gram gula
- 100 gram kacang merah yang telah direbus
Bahan saus gula merah:
- 250 gram gula merah, dipotong tipis-tipis
- 125 ml air
- 1 lembar daun pandan yang diikat
Bahan Saus Santan:
- 500 ml santan
- 1 sdt garam
- 1 lembar daun pandan yang diikat


Cara Membuat :
1. Campurkan santan, air daun suji, tepung beras, garam, dan gula sampai rata. Masak dan aduk terus sampai mendidih dan juga matang. Kemudian tambahkan kacang dan aduk sampai rata.
2. Saus gula merah: Rebus gula merah,air dan daun pandan sampai gula larut dan terkondensasi. Angkat dan sisihkan.
3. Saus santan: rebus santan, garam dan daun pandan, kemudian aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan
4. Sajikan bubur sumsum dengan saus gula merah dan saus santan.
Bagaimana? mudah bukan? Dan satu tips lagi yang akan kami berikan yaitu pada saat anda memasak santan jangan lupa aduk dari awal sampai santan benar-benar matang. Hal ini untuk menghindari santan yang pecah, karena santannya akan terasa kurang gurih dan tidak kental.

0 komentar:

Posting Komentar