Rutin Saat Ramadhan, Warga Camplong Gelar Sahur On The Road



SAMPANG, matanasional.co.id – Banyak cara dilakukan kalangan  masyarakat untuk sekedar membangunkan sekaligus mengingatkan waktu bersantap sahur supaya tidak kelewatan, seperti halnya siaran di masjid-masjid sekitar rumah warga. Hal itu dianggap biasa dan sudah lumrah pada umumnya.


Tak seperti di kecamatan camplong kabupaten sampang, masyarakat disana memiliki cara unik tersendiri dalam mengingatkan warganya pertanda saat sahur telah tiba  dengan cara yang berbeda.


Pasalnya, warga camplong menggelar sahur on the road yang sejanis daul lokal oleh masyarakat sekitar. Acara ini digelar di jalan raya camplong dan dimulai dari pesisir timur hingga ke pesisir barat camplong. Kegiatan rutin tersebut sudah jadi agenda tahunan bagi warga sekitar agar tidak ketinggalan waktu sahurnya.


Hal itu disampaikan salah satu penonton setia dang-gradang ini, Arik sapaan akrabnya ia menyampaikan sangat bangga dengan acara itu yang biasa disebut dang-gradang. Di samping agar saat sahurnya tidak ketinggalan ia juga merasa sangat terhibur terhadap kegiatan warga tersebut. Karena diadakan hanya satu tahun sekali pada saat bulan ramadhan saja.


" Saya sangat terhibur banyak juga warga sini rela bangun dari tidurnya untuk melihat dang-gradang ini, kadang ada juga yang ga tidur untuk meramaikan kegiatan tersebut," katanya saat ditemui awak media. (Jum'at 25/5/2018)


Pantauan matanasional.co.id yang dikenla sebagai kegiatan (or-saor-madura red) tersebut dimulai pada pukul 01.00 – 03.00 wib dengan jarak kurang lebih 1 km dari tempat masing-masing dang-gradang. Sebanyak 4 group dang gradang siap menghibur warga Camplong ada yang dari group pesisir barat, pasar lajuh, pong tengah dan pesisir timur.


Meski demikian ada juga beberapa pihak yang mengkecam terhadap hiburan warga ini. Dikarenakan ancaman keselamatan bagi warga sekitarnya. Terkait para pengguna jalan baik itu bis maupun kendaraan roda empat lainnya masih saja ugal-ugalan kendati diatur oleh anggota group dang-gradang tersebut.


" Berbekal dengan peralatan yang ada, hanya menggunakan senter mas untuk mengamankan lalu lintas disini", terang Fadli dalam mengamankan lalu lintas jalan raya Camplong. 


"Harapan kami bagi pengguna jalan yang melintasi jalan raya Camplong agar bersama-sama lebih berhati-hati pada saat jam tersebut, karena ini demi keselamatan bersama kita harus lebih waspada", harapnya.


Memanfaatkan alat musik seadanya kegiatan tahunan ini akan berlanjut hingga puncak akhir bulan puasa nanti yakni malam takbiran dan ditambahi dengan musik ol-oldaol atau dug-dug oleh warga camplong. (Al)

0 komentar:

Posting Komentar