Pakde Karwo Imbau Generasi Muda Lebih Dalam Pelajari Sejarah

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo mengimbau generasi muda untuk lebih dalam mempelajari sejarah melalui berbagai rujukan, baik lewat pelajaran di sekolah, buku sejarah, maupun lewat media online. 

Imbauan itu disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jawa Timur guna menanggapi pertanyaan wartawan terkait kekhawatiran generasi muda lupa sejarah, di halaman Gedung Nasional Indonesia, Jl. Bubutan Surabaya, Senin (22/5).
Pakde Karwo mengatakan, selain lewat pelajaran di sekolah dan membaca buku sejarah, mempelajari sejarah kini dapat dilakukan lebih mudah seiring dengan kehadiran Teknologi Informasi (TI). Tentu hal itu sesuai dengan era generasi sekarang yang dikenal sebagai generasi millenial yang sangat gandrung TI.

"Generasi millenial cenderung memanfaatkan TI sebagai rujukan dalam berbagai hal, termasuk mempelajari sejarah. Hal ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah dalam hal ini Kominfo agar melakukan sortir terhadap informasi agar informasi itu benar-benar valid dan bermanfaat" katanya.

Masih menurut Pakde Karwo, siapapun bisa menjadi pahlawan di era sekarang. Kriterianya, pertama, harus memiliki etika dan sopan santun sebagai basis kemanusiaan yang adil dan beradab. Kedua, pejuang keadilan yang mampu memberikan inovasi dan solusi permasalahan disekitarnya. 

"Pahlawan era sekarang adalah mereka yang berjuang dan mampu melakukan inovasi dan menerapkan berbagai strategi untuk menyelesaikan problem bagi lingkungannya. Contohnya lewat UKM-UKM yang diinisiasi generasi muda yang dapat menghadirkan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan" ujarnya.  (yra)

0 komentar:

Posting Komentar