Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa

JAKARTA,  DaIam rangkaian Peringatan Pekan Pancasila dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2017, MPR RI menyelenggarakan Konferensi NasIonal dengan tema "Etika Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Arah Kebijakan, Kaidah Pelaksanaan dan Upaya Penegakan)" pada hari Rabu 31 Mei 2017 pada pukul 13.00 - 17.30 WIB, bertempat di Gedung Nusantara IV, Komplek MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.
Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa merupakan program kegiatan hasil kerjasama tiga lembaga negara yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Komisi Yudisial (KY) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Ketiga Ketua lembaga negara adalah, Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM, Ketua KY Prof. Aidul Fitriciada Azhari dan Ketua DKPP Prof. Jimly Asshidiqie.
Konferensi Ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan masukan mengenai arah kebijakan yang perlu diambil dalam rangka mengimplementasikan Etika Kehidupan Berbangsa, mendapatkan masukan mengenai kaidah pelaksanaan untuk internalisasi dan sosialisasi Etika Kehidupan Berbangsa dan mendapatkan masukan mengenai langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka penegakan Etika Kehidupan Berbangsa.
Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa juga menghadirkan narasumber para pakar yang berkompeten dan dihadiri berbagai elemen bangsa, ormas, dan masyarakat khususnya para pemangku kepentingan dan jabatan yang berada dalam pelaksanaan kode etik ini, membahas total seputar Etika Kehidupan Berbangsa mulai dari arah kebijakan, kaidah pelaksanaan dan upaya penegakan.
Di sesi akhir, seluruh pembahasan akan dirumuskan dan dikeluarkan rekomendasi. Narasumber sesi pertama dengan tema "Arah Kebijakan Etika Kehidupan Berbangsa adalah Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA dan Prof. Dr. Kaelan, MS. Narasumber sesi kedua dengan tema "Kaidah Pelaksanaan Etika Kehidupan Berbangsa" adalah Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MH dan Prof. Dr. Sudjito, SH. Narasumber sesi ketiga dengan tema "Upaya Penegakan Etika Kehidupan Berbangsa" adalah Syarifuddin Suding SH, MH dan Dr. Abdullah Hehamahua, SH, MM.
MPR RI pada tahun 2001 telah mengeluarkan Ketetapan MPR No.VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.
Secara singkat TAP ini mengatur tentang pokok-pokok etika dalam kehidupan berbangsa mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sportifitas, disiplin, etos kerja, kemandirian, sikap tolerasi, rasa malu, tanggung jawab, menjaga kehormatan serta martabat diri sebagai warga bangsa.
Adapun uraian Etika Kehidupan Berbangsa yaitu : Etika Sosial dan Budaya; Etika Politik dan Pemerintahan; Etika Ekonomi dan Bisnis; Etika Penegakan Hukum yang berkeadilan; Etika Keilmuan dan Etika Lingkungan. dedy mulyadi


0 komentar:

Posting Komentar